Home Lifestyle Definisi Kalori dan Pengaplikasiannya ke Kehidupan

Definisi Kalori dan Pengaplikasiannya ke Kehidupan

91
0

Secara simpelnya, Kalori dapat didefinisikan sebagai satuan unit energi yang ditemukan dimakanan yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup. Ukuran kalori berbeda-beda disetiap makanan, seperti, lemak setiap gramnya mengandung 9kalori, alcohol mengandung 7kalori, dan yang paling rendah ialah protein dan karbohidrat yang masing-masing memiliki 4 kalori setiap gramnya. Setiap manusia juga memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dari satu dan lainnya, berikut adalah faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori manusia.

  • Usia
  • Gender
  • Aktifitas sehari-hari
  • Berat Badan
  • Hamil
  • Ibu yang sedang menyusui

Ada pula sebutan BMR(Basal Metabolic Rate) yang memiliki arti sebagai energi yang dihabiskan bagi manusia untuk bertahan hidup tanpa melakukan apa-apa. Bagi, setiap orang yang sedang melakukan diet, BMR sangat dibutuhkan untuk diketahui, sehingga akan sangat mudah bagi dieters untuk menghitung kalori hariannya. Untuk menghitung BMR juga tidak dibilang sulit, banyak kalkulator online yang bertebaran yang siap untuk membantu kalian semua dalam menghitung kebutuhan kalori setiap harinya. Walau begitu, BMR dapat dihitung secara manual dengan menggunakan rumus (Haris-Benedict Theory) dibawah ini.

Laki-Laki : 88.362 + (13.397 x berat badan dalam satuan kg) + (4.799 x tinggi dalam satuan cm) – (5.677 x umur(tahun))

Wanita: 447.593 + (9.247 x berat badan dalam satuan kg) + (3.098 x tinggi dalam satuan cm) – (4.330 x umur(tahun))

Jadi sebagai contoh, bila seorang laki-laki berusia 20 tahun dengan berat 80kg dan tinggi 170cm ingin mengetahui BMRnya, kalkulasi akan sebagai berikut:

BMR= 88.362 + (13.397 x 80) + (4.799 x 170) – (5.677 x 20)

BMR= 1862.412Kalori

Jadi dari hitungan tersebut, jumlah kalori yang dibutuhkan bagi seorang lelaki tersebut ialah 1862.412 kalori dan bila kalori tersebut dapat dicapai sehari-harinya, maka berat badan yang ia miliki akan selalu berada di 80kg. Perlu diingat juga bahwa kalori yang dibakar melalui aktifitas sehari-hari belum masuk dalam kalkulasi tersebut, maka dari itu, masih dibutuhkan untuk menambahkan kalori yang dibakar dari aktifitas sehari-hari dalam penghitungan kebutuhan kalori harian. Sebagai contoh, berlari selama sejam kurang lebih membakar 400 kalori, sehingga 1862.412Kalori + 400kal= 2262.412kalori menjadi kebutuhan harian lelaki 20tahun tersebut.

Menurunkan Berat Badan

Bila Anda sedang melakukan diet, kalkulasi tersebut akan sangat membantu dalam proses menurunkan berat badan. Diet sendiri dapat diartikan sebagai mengkontrol asupan harian. Bila kembali ke teori awal mengenai lemak yang mengandung 9kalori pergramnya, berarti untuk menghilangkan 100gram lemak yang ada ditubuh dibutuhkan kalori sebesar 900kal. Berarti, dari 2262.412kal yang dibutuhkan oleh lelaki 20 tahun itu harus diasup sebanyak 1362.412kal untuk mencapai penurunan 100gram perharinya. Walau begitu, tidak direkomendasikan untuk memiliki pengurangan kalori melebihi 500kal perharinya. Berikut rumus yang digunakan untuk melakukan diet:

Asupan untuk menurunkan berat badan = Kalori kebutuhan – 500

Setelahnya, dari jumlah kalori yang sudah dikurangkan, kalian hanya butuh untuk menghitung kalori makanan. Di google sendiri sudah banyak sekali informasi tentang kalori makanan, anda hanya butuh menulis kalori didepan makanannya, seperti kalori apel.

Pengaplikasian Kalori untuk Menaikan Berat Badan

Hukum soal kalori akan sangat berbeda bagi anda yang ingin menaikan berat badan. Untuk menaikkan berat badan anda hanya butuh menambahkan kalori kebutuhan harian dengan 500kal, sebagai contoh 2262.412kalori + 500= 2762.412kal, sehingga anda harus makan lebih banyak setiap harinya. Tidak direkomendasikan melebihi kalori harian anda lebih dari 500kal, karena melebihi batas tersebut akan meningkatkan kadar lemak pada tubuh anda.

Demikian definisi serta penggunaan hukum kalori pada kehidupan sehari-hari. Tentu, bagi anda yang sedang ingin memiliki penurunan berat badan atau bagi yang sedang ingin menaikan berat badan sangat direkomendasikan untuk mendalami teori ini, karena ini adalah ilmu dasar untuk mengerti apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here